Selasa, 17 Desember 2013

e-Government implementation in many countries

Tulisan ini dibuat untuk persiapan presentasi tentang penerapan e-Government (m-Government ) dari Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen. Jika sobat satu kelas dengan saya, harap mencari contoh yang berbeda di sini.
Beberapa penerapan e_gov di dalam negeri ( Indonesia ) sudah ditulis di posting yang lalu. Pada posting kali ini, saya akan mendisplay beberapa contoh e-gov dari luar negeri.

m-Government adalah penerapan e-Government pada media piranti bergerak (mobile), termasuk penggunaan layanan dan aplikasi dari pemerintah yang hanya mungkin digunakan pada telepon seluler, notebook/laptop, PDA (Personal Digital Assitants), dan infrastruktur jaringan internet nirkabel.

1. mPay in Dubai
    Di Dubai pemerintah menyediakan mPay yang memugkinkan warga masyarakatnya membayar kebutuhan pokok yang mendesak dan vital seperti pembayaran listrik. Penyedia listrik(energi) disediakan oleh pemerintah. Dalam mPay warga Dubai bisa membayar tagihan tersebut melalui HP yagn sudah terpasang aplikasi mPay. Software ini bisa didapatkan  Apple Appstore dan bagi pengguna android bisa mendownload nya di  Google Playstore.


2. eCitizen
    Model pelayanan publik diatas diterapkan di Singapura. Dengan eCitizen warga bisa mengakses informasi secara detail. Misal di Indonesia kita masih bingun bagaimana membuat SIM secara legal. Alhasil kita lebih memilih 'nembak' agar SIM cepat jadi. Beda di Singapura, melalui eCitizen warga dapat tau dengan pasti apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan SIM. Prosedur pembuatan SIM yang informatif telah mencerminkan pelayanan eGov yang baik.


3.A  MyGovMalaysia
       Negara tetangga ini menyediakan informasi pelayanan pemerintah berbasih mobile. Dalam website tersebut tersedia software untuk pelayanan masyarakat seperti Portal Kementrian Kesehatan Malaysia, Kemetrian Pariwisata Malaysia dan portal lainnya. Software ini compatible pada Mobile iPhone dan Android.

  B. JobsMalaysia
Pada portal ini warga Malaysia bisa mencari pekerjaan dengan cara log in sebagai pencari kerja. Tidak perlu konvensional lagi beli Koran atau ke kantor pos tapi bisa dafar kerja lewat online.


4. A. Pembayara Pajak Online - South Korea
    Melalui www.hometax.go.kr Korea bermaksud memberikan Comprehensive Tax Services. Palayanan pembayaran pajak secara online.
Pemerintah korea memang memberikan perhatian banyak pada pilihan e-government yang akan memberikan pelayanan pada masyarakat berbasis web/digital. Hal ini sejalan dengan inisiatif Korea untuk menjadi negara gerbang antara dunia timur dengan dunia barat. 

   B. e-People - Online Petition & Discussion Portal
Adalagi contoh e-gov di Korea yaitu e-people dengan portal www.epeople.go.kr. Web ini bertujuan untuk memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan publik. e-people memproses komplain dan saran dari masyarakat dalam satu jendela.

C. Patent Service
     Portal berdomain kiporo.go.kr adalah sebuah layanan online dimana user dapat mematenkan suatu ciptaan mereka. Informasi mengenai royalti dan pembayaran juga bisa dilihat secara online. Namun web ini sudah tidak bisa dikunjungi karna alasan yang tidak diketahui.

5. e-service of Education in Brunai Darusalam
    Melalui e-Darusalam citizen bisa mengetahui bahwa pendidikan di Negara Brunai adalah gratis/free tanpa pungutan apapun. Banyak juga fasilitas yang disediakan oleh pemerintah antara lain uang sekolah, buku buku, perlengkapan sekolah , makan, transportasi, dan juga biaya akomodasi bagi siswa yang rumahnya jauh dari rumah. Periode pendidikan minimal di Brunai adalah 12th ( 1th pendidikan usia dini, 6th pendidikan dasar, 5th pendidikan tingkat atas) Tidak hanya informasi diatas, sebagai student bisa juga melihat hasil ujian lewat SMS serta service lainnya seperti aplikasi pendaftaran pendidikan yagn lebih tinggi dan beasiswa.

Untuk mengetahu hasil ujian kita bisa registrasi dulu lalu mengirim format seperti dibawah ini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar