Selasa, 17 Desember 2013

e-Government di Indonesia

Setelah mengetahui jenis pelayanan publik, mari kita cari contoh pelayanan publik berbasis e-Gov. Sedikit mengingat kembali bahwa e-Gov adalah pelayanan publik di era digital dengan menggungakan teknologi untuk memudahkan masyarakat dalam menerima palayanan publik yang berkualitas. e-Gov yang berarti elektronik government akan lebih spesifik dengan m-government yaitu pelayanan publik berbasis mobile. Mobile dsini khususnya telepon seluluer (HP).

Menurut Krisantu Sembiring 2006 ada beberapa teknologi pendukung m-government :
1. Wireless Access Protocol (WAP) adalah aplikasi yang mendukung penjelajahan internet pada perangkat nirkabel yang dapat bekerja pada hampir semua jaringan nirkabel seperti CDMA, GSM, GRPS dan lain sebagainya.

2. Short Message Services (SMS) adalah layanan dari operator agar konsumen dapat mengirimkan pesan singkat berbentuk tulisan. Fitur ini sudah hampir bisa dnikmati oleh seluruh masayrakat Indonesia.

3. Java 2 Mobile Micro Edition (J2ME) selengkapnya.

Apa contoh m-government di Indonesia ?

1. e-Samsat - Bank Jatim
    e-Samsat adalah layanan pengesahan STNK tahunan dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor serta SWDKLLJ ( Jasa Raharja ) melalui e-Channel Bank yaitu :  ATM,  Teller, PPOB, Mobil Banking dan Internet Banking.

2. Tiket Kereta Api Online
    PT. Kereta Api (Persero ) adalah Perusahaan milik negara yang bergerak di penyedia jasa transportasi. di era m-gov ini, masyarakat bisa memesan tiket kereta secara online tanpa perlu datang ke stasiun kereta. Pemesan bisa mengisi dari mana stasiun awal ke stasiun tujuan, informasi beberapa kereta yang siap beroperasi pada hari yang dipilih juga tersedia. Informasi lain seperti kuota tempat duduk dan harga juga terdisplya dengan jelas.

3. Cek dan Bayar Tagihan Bulanan
    Sudah tidak asing lagi masyarakat membayar tagihan bulanan seperti Listrik, Telepon dan Air dari HP. Perusahaan penyedia barang publik seperti PLN & PDAM sudah menerapkan sistem pembayaran melalui deposit (saldo). Walaupun penyedia deposit bukan dari pemerintah sendiri namun perusahaan payment swasta sudah banyak yang memberkan kemudahan pembelian saldo yang bisa dignakan untuk membayar segalan kebutuhan. Sebut saja V-Pay yaitu suatu software yang dari satu deposit bisa digunakan untuk berbagai macam pembayaran. Mulai pembayaran bulanan seperti Listrik, Air dan Telepon bisa juga untuk pemesanan Tiket , bayar SPP dan belanja. Virtual Payment seperti ini memang lebih memudahkan masyarakat dalam hal pembayaran tagihan.

4. Mobile Bank-ing
    Sudah banyak Bank baik milik pemerintah maupun swasta yang menyediakan layanan mobile bank-ing. Mobile Bank-ing ini memudahkan pelanggan untuk membayar keperluan mereka secara aman dan praktis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar