Jumat, 13 Desember 2013

Analisis Data Penelitian

Dalam Proposal penelitian pastilah ada Metode Penelitian yang didalamnya terdapat Metode Analisis. Metode Analisis adalah suatu metode yang peneliti gunakan untuk mengolah data yang telah diperoleh. Bagaimana cara memilih Metode Analisis data yagn tepat dengan penelitian kita ?
Seorang peneliti tidak boleh lupa tentang jenis data.

Pada pertemua kuliah ke 5, dosen saya menjelaskan tentang Analisis Data. Here We go
a) Kuantitatif
Analisis data kuantitatif dibedakan menjadi Deskriptif dan Inferensial.
-Deskriptif berisi analisis data mengenai Rata rata, penyebaran/standart deviasi, dan pengelompokan/homogenitas.
-Inferensial berisi perhitungan data biasanya menggunakan SPSS. dalam kuantitatif Inferensial peneliti biasanya meneliti suatu hubungan data, baik korelasi maupun kausalitas(sebab akibat)

b) Kualitatif
Sedangkan analisis kualitatif akan digunakan peneliti apabila peneliti hanya memiliki data/variable tunggal dalam penelitiannya. sehingga rangkaian analisis data yang bisa dilakukan peneliti adalah sebagai berikut :
-Pengumpulan data ( collect data ), data berupa catatan lapangan/ field note yaitu data mentah peneliti.
-Penampilan Data ( display )
  Biasanya penampilan data di penelitian kualitatif menggunakan matrik dengan kolom tabel 'Fokus Penelitian', Informan I, Informan II, Informan III, dan Kesimpulan.
Note : Kesimpulan yang diambil oleh peneliti bukan dari berapa banyak informan yang menginformasikan hal yagn sama namun dari kepercayaan peneliti terhadap apa yang ada di lapangan.
- Redukdi Data ( data reduction ) yaitu tahap mengurangi/ menyortir data yagn tidak relevan dengan kebutuhna informasi peneliti.
- Kesimpulan, pengambilan kesimpulan melalui cara triangulasi yaitu merujuk pada informan.

1 komentar: